Pilih Imunoterapi atau Kemoterapi?

 

Berbagai riset di bidang terapi guna melawan kanker terus dilaksanakan untuk menghasilkan terapi kanker yang efektif. Beberapa tahun terakhir, dunia riset mulai membubuhkan harapan besar pada imunoterapi yang sekarang menjadi asa baru untuk pasien kanker.

Menyikapi urusan ini, pakar ilmu penyakit yang berkecimpung di dunia penelitian tentang kanker dan pengobatannya memberikan sebuah pernyataan bahwa imunoterapi mempunyai tujuan yang sama dengan terapi kanker yang telah dikembangkan sebelumnya, yakni terapi target. Artinya terapi menyasar langsung untuk sel kanker yang dituju.

 

Dibandingkan kemoterapi atau penyembuhan kanker lainnya, penyembuhan imunoterapi mempunyai efektivitas yang lumayan signifikan. Obat kemoterapilazimnya berbasis kimia, sedangkan obat kimia memiliki tantangan ataukekurangan tersendiri. Ketika masuk ke dalam tubuh, obat kimia itu merusakseluruh sel baik sel kanker maupun sel-sel normal.

 

Efek Kemoterapi

Efek samping kemoterapi yang sering dianggap paling mengganggu mulai dari mual muntah, rambut rontok. Di samping itu, sebab tidak selalu menjangkau target dengan tepattidak jarang kali pemanfaatannya paling terbatas. Maka imunoterapi dirasakan sebagai suatu terobosan terapi baru guna melawan kanker.

 

Di peluang yang sama, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc, Ph.D, Farmakolog sekaligus Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menambahkan, terdapat beberapa prinsip teknik kerja imunoterapi. Salah satunya adalah bahwa imunoterapi ini bisa menghentikan atau memperlambat perkembangan sel kanker, namun memang bahwa menghentikan sama sekali secara instan nyaris tidak mungkin.

Imunoterapi Tanpa Efek Samping

Imunoterapi dapat menghambat supaya kankernya tidak menjalar atau menyebar keunsur tubuh yang lain. Dan ketiga, menolong sistem kekebalan tubuh guna persiapan dalam menghancurkan sel-sel kanker.

Imunoterapi pada prinsipnya adalahterapi biologis yang bertujuan menolong tubuh menambah pertahanan alami dalam melawan kanker. Pada dasarnya setiap manusia memiliki imunitas. Namun, tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama dalam melawan sel kanker dan radikal bebas.

Semoga ini membalas pertanyaan kita yang paansih bingung mengenai Imunoterapi dan juga dalil mengapa ia lebih digemari masyarakat sebab tidakmemunculkan efek samping yang berlebih dan dapat mengganggu situasi tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *